The Micro

Sesuai pengantar Prof. Jacoeb, hari Rabu kmrn Mama I tes mikrokuretase. Tes ini harus dilakukan pada hari ke 21/22, bersamaan dengan tes hormon tahap 2. Tim Sam Marie cukup profesional dengan menelpon beberapa hari sebelumnya dan remind mengenai jadwal. Karena Prof. Jacoeb sedang di SG, maka yg melakukan tes adalah dr. Nurhidayat Kusuma. Kami OK saja, insyaallah pak dokter yg ini sama cakapnya🙂. Definisi tes mikrokuretase ada di link ini ya: http://www.sammarie.com/index.php/fertilitas/tindakan/mikrokuretase.html

Tindakan akan dilakukan jam 7 malam, dan harus puasa 5 jam sebelumnya. Saya berhenti makan dan minum dr jam 2 siang, dengan banyak potential incident😀. Bolak balik megang gelas dan nyaris minum. Apalagi jam 3 kan biasanya waktu minum the/kopi/susu dan ngemil2. Kacang+sumpia di atas meja jg ga bikin prosesnya makin mudah (aahhh… godaan tanpa henti).

Malemnya abis tes darah utk hormon, kita duduk manis di ruang tunggu. Secara saya puasa dan Papa S jg kelaperan, mulai deh mbahas2 makan apa entar. Saya lg super kepingin makan mi godhog yg mie-nya tebel2 itu, dan berhubung malam itu saya yg dites, Papa S musti setuju (hehe, jd adu pengorbanan gini). Masing2 khusuk googling dan nemu bbrp kandidat di kalimalang, duren sawit dan sekitarnya. Lumayan efektif jg cara kami mengisi waktu, sampai akhirnya saya dipanggil masuk oleh Suster. Oya disuruh pipis dulu sblm tindakan.

Malam itu ada 2 org pasien yg akan mikro dan di ruang yg sama ada 1 org ibu yg akan DC (kl ga salah denger sih.. tindakan apa ya itu? Tp sblm tindakan si ibu ini diberi obat dulu dan dia bilang rasanya mules). Saya dapet tempat sejuk segar deket ac (baca: adeemmm polll), trus minta pindah dong, tapi ga boleh sama mbak Suster :p, akhirnya AC-nya dikecilin. Kita diminta memakai celana yg diberi lubang lebar di bagian vagina. I kinda like this, jd selama tindakan tidak terlalu ter-ekspos gimana gitu🙂. Kemudian kita diminta berbaring di tempat tidur, yg ujungnya terdapat oenyangga kaki. Jadi nanti tindakan dilakukan dengan posisi kaki di atas, spt saat melakukan USG trans vagina. Setelah itu, dokter anestesi datang dan memasang jarum infus ke punggung tangan sblh kanan. 5 menit kemudian kok masih seger. 10 menit kok msh bisa gerak2in kaki. 15 menit kemudian, ah ga manjur ni obat biusnya. Sambil mulai kuatir, gimana kl pas tindakan dimulai obat biusnya blm bekerja? Hiii.. Nah lagi parno2nya, pak dokter obgyn dateng. Trus dokter anestesi dateng lagi dan MENYUNTIKKAN cairan yg ada di dalam tabung suntik. Oalahh, ternyata td itu br dipasang doang tabungnya, tp isinya blm dimasukkan ke badan. Pantess.. pantess… (cupu dan culun nih Mama :D). Kerasa sedikit ngilu waktu cairan mulai masuk dan kurang dari 5 detik saya udah fly hehe..

Selesai tindakan, saya dibangunkan (perhaps 10 menitan ya, ga bawa jam tangan sih). Dan kaya bangun tidur aja, pertama2 ga kerasa apa2. Sesaat kemudian br terasa sedikit sakit di vagina dan perut bawah. Tidak sakit sekali, rasanya spt sedang haid. Jaringan yg diambil dr rahim diletakkan dalam botol berisi cairan. Punya saya dan ibu sebelah yg mikro jg berbeda warnanya. Hmm, jd penasaran gmn nanti hasilnya (berdoa).

Sekilas info, Pak Dokter Anestesi-nya kocak. Semua pasien ditebak rumahnya deket apa jauh, dan salah semua tebakannya hahaha.. Sambil nunggu obgyn dateng dia nemenin ngobrol pasien2nya. Suasana jd enak dan santai. Pas nyuntik obat biusnya dia bilang itu susu kedelai. Pas saya sadar, dia becanda lagi, gmn waktu ga sadar td sebenernya banyak yg terjadi, tp ga usah kuatir, ga akan masuk Kompas kok besoknya😀. Pak Dokter Obgyn-nya jg nice.. nepuk2 tangan saya sblm mulai. Perasaan cemasnya jd berkurang. Secara takut jg yah, berasa kaya mau operasi.

Biaya tes hormon: 1.1jt, Mikrokuretase: 1.3jt, Anestesi: 200rb Total: 2.6jt

Dapat 2 macam obat, yg 1 antibiotik supaya luka di rahim tdk infeksi, yg satu lagi kl ga salah supaya cepat kering lukanya (lupa nama obatnya, kopi resep ditinggal di rmh)

Alhamdulillah selesai 2 tes. Sisanya tinggal tes TORCH, Analisa Sprema, dan tes Diabetes (karena ibu saya penderita diabet). Insyaallah Sabtu bs diselesaikan semua.

Dan bagaimana nasib project bakmi godhog???

Belum terlaksana krn kemaleman T_T


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: