The Prolactin

Rabu, 30 Mar 2011 – H11 – kontrol dokter.

Tumben2 dapet nomer urut 7 (biasanya udah belasan atau 20-an :p). Kita datang    jam 8 mlm, timbang, tensi, nunggu 15 mnt trus dipanggil masuk. Mustinya H11 ini waktunya USG. Sebulan sebelumnya saya dikasih obat utk membantu pembentukan sel telur (ada 1 yg lumayan mihil, sampe 100rb sekali minum :p). Nah kalo dari hasil usg ada sel telur yg matang, dokter akan kasih obat utk memecahkan sel telur. Waktu di ruang tunggu harap2 cemas, bakal ada sel telurnya apa engga nih, krn bulan lalu di-USG kok telurnya mini2. Oh ya, selain USG, pd konsul kali ini, akan dibaca hasil tes prolaktin dan testosteron setelah minum obat hormon 1 bulan.

Setelah bertemu Prof, beliau menjelaskan kl testosteron saya sudah lbh rendah dr hasil tes sebelumnya, tetapi blm masuk ke kisaran normal, shg diberi obat lagi utk mulai diminum di H1. Sedangkan prolaktin hasilnya malah lbh tinggi dari sebelum minum obat. Prof said ada 2 pilihan, coba melanjutkan minum obat hormon lagi, atau infus narcan. Infus Narcan diberikan selama 12 jam, dan pada kebanyakan pasien, hasilnya lbh efektif, cepat menurunkan hormon prolaktin. Knp prolaktin hrs rendah? Karena hormon ini membantu terbentuk dan pecahnya sel telur.

Kami akhirnya memilih infus narcan, ngarep2 hasilnya benar bs lbh cepat turun. Secara hrs dilakukan 12 jam, kami memutuskan utk mulai di malam hari dan selesai besok paginya. 12 jam ini luama lho.. Kalu mulai malam, kan 10 jam nya bisa tidur, sisanya cuma 2 jam bisa diisi dgn baca buku atau nonton tivi😀 (ups, ngaku kl weekend mama suka tidur smp 10 jam ). Dan sebagai pasangan suami istri yg kompak selalu, Papa pun ingin menemani, jadi kami mengambil kamar privat yg ada bed utk penunggu🙂.

Sabtu, 2 Apr – H14 – Infus Narcan

Kami “check in” jam 9 mlm, sepiii banget sam marie-nya. Langsung masuk kamar, tensi, dan dipasang infus oleh Suster. Btw terakhir infus kayanya dulu pas manten anyar trus kena DBD :p. Jaman skrg infus canggih deh, ada indikator digital. Menunjukkan sisa cairan dlm infus, cairan yg sudah dikeluarkan, dan sisa waktu smp dgn infus habis. Netesnya dibikin pelan2 banget, kata Prof kl dialirkan terlalu cepat, ujung jari akan terasa dingin. Kami dapat 1 paket minuman dingin (susu, jus, dan soft drink), tp krn datengnya malem, udah ga dpt mkn malem. Selama 12 jam, bgmn kami mengisi waktu? Saya sih tidur2an manis aja. Walaupun ga sakit, tp ga bs gerak2 heboh dong, jadilah Papa yg rajin membantu😀. Ngambilin minum, mbeliin makan, mindahin tas, dll, dst. Enak deh, dimanja sehari hehehe.. Di sisi lain, Mama pun tdk bs berkelit saat Papa iseng menaikturunkan sandaran tempat tidur pake remote T_T.  Jam 11-an saya sudah tidur, sedangkan Papa nonton bola. Ada tivi kabel, tp siarannya berita semua (where is Giiiibbbsss??? Hiks, Mama kangen Fox). Jam 7 pagi, Suster nengok lagi, ukur suhu dan tensi. Jam 8 sarapan, jam 9 selesai deh infusnya🙂.

Senin, 4 Apr – H16 – Tes Prolactin lagi

Sebelum ke kantor, saya mampir lab utk ambil darah utk tes prolactin. Tes ini harus dilakukan 24 jam setelah selesai infus, agar hasilnya terbaca akurat. Suster bilang biasanya setelah infus prolaktin-nya turun, tp ada jg bbrp yg malah naik. Wis, ngga usah terlalu dipikir lah ya. Berdoa saja moga2 hasilnya baik. Besok malam kita akan kontrol lagi ke Prof.

Prolaktin, be more co-operative will you? We want to meet adik bayi🙂


8 responses to “The Prolactin

  • utami

    Hi mba, salam kenal🙂

    Saya salut dgn perjuangan mba dr awal sampai sekarang trus berusaha demi mendapatkan si buah hati.🙂

    Saya & suami jg sedang berusaha utk hamil lagi. Saya baca kalo mba di awal2 program sempat berobat ke sinshei Sukimin yg di hajiten, rawamangun. Saya sekarang jg lg mulai berobat ke sinshei itu, lg dikasih ramuan herbal yg pahittt banget rasanya😦

    Yg mau saya tanyakan, waktu mba berobat ke sinshei Sukimin, apakah tdk terdeteksi adanya masalah, seperti telur yg kecil ato gerakan sperma suami yg lambat? Dan apa yg menyebabkan mba tdk melanjutkan berobat ke sinshe lagi, apakah tdk cocok dgn pengobatannya?

    Maaf klo saya terlalu banyak bertanya, krn saya benar2 berharap bisa berhasil berobat ke sinshe ini, setelah berobat ke dokter dan alternatif lainnya blum berhasil juga. Mohon pencerahannya ya mba, terima kasih🙂

    • adikbayi

      Hellow Utami..
      Sama2 berusaha ya🙂, insyaallah mendapat yang terbaik.
      Jamunya yg direbus sm paha ayam bukan? Coba baca label pil yg utk suami, kocak abis.
      Pada kasus kita, Sinshe tdk bilang ada masalah. Setiap bulan dia bs mendeteksi ada tidaknya sel telur dgn akupresur telapak kaki. Canggih deh, macem USG😀. Sebenarnya kami ingin melanjutkan program di Sinshe, krn banyak yg berhasil. Tetapi kami kesulitan mengatur waktunya. Pada saat subur, Sinshe minta saya datang seminggu 2-3 kali. Jam prakteknya hanya smp jam 5, padahal kantor saya jauh. Smp 3 bulan saya lakoni ijin pulang kantor cepat sm pak bos, tp lama2 sungkan :p.
      G’luck to u and hubby ya Utami. Semoga berhasil!

  • sun

    Hallo utami ….aku juga lagi berobat di sukimin udh hampir 2 bln …
    aku pertama dikasih jamu godokan tanpa paha ayam dan suami dikasih pil warna hitam , bulan 1 aku gagal , dan bulan ke 2 aku dikasih obat yg berbeda , aku dikasih obat sm kyk suami bentuknya tp komposisinya beda….
    kasus aku : sperma suami lambat , sedikit yg normal ( oligoteratozoospermia ) , kalau aku di usg ada kista 2 cm dikanan…
    smoga aja setelah berobat ke sinse sukimin – MUKJIZAT TUHAN akan menghampiri kita untuk mendapatkan sang buah hati….amin…amin…amin…semangatttt truss….Tuhan tidak tidur pasti tau perjuangan kita …

    • adikbayi

      Semoga berhasil ya! Saya jg sebenarnya senang berobat kesana, minum jamu rasanya lbh “ga berbahaya” dibanding obat dokter🙂. Sayang jadwalnya kurang fleksibel.

  • dian

    Hai mbak, salam kenal…
    Mohon pencerahannya dunk mbak, kemarin saya baru konsul dengan prof…dari hasil lab ternyata kadar prolactin saya tinggi (sekitar 37 kl ga salah)…prof bilang H11 disuruh cek lg, yang mau saya tanya cek prolactin harus cek lab lagi atau bagaimana?karena pengantar yang saya dapat untuk cek prolactin di hari 21-22 dalam siklus haid

    • adikbayi

      Hai Dian..
      Pasien Basra jg ya? perhaps pernah ketemuan ya kita pas kontrol hehe..
      Kalau sepenangkapan saya, yg dimaksud kontrol H11 adalah utk USG sel telur, sedangkan tes prolaktin dilakukan di H21/22.
      Saya setiap tes prolactin selalu di H21/22, kecuali setelah infus narcam, tes prolactin langsung dilakukan 1 hari sesudahnya, tidak prlu menunggu H21/22.

      Tapi untuk lebih pastinya, coba tanyakan ke suster ya. Saya kadang2 juga kl Prof kecepetan jelasinnya suka bingung sendiri🙂.

      Gud luck, Bu!

  • dian

    Yup, aq pasien Basra juga mbak…baru td malem dijelasin hasil2 lab yang pertama.
    Kalau saya ada kista di ovarium dan berhubung jatah ovum saya minim jadi dianjurkan diangkat kistanya. Selain kista ada masalah juga di imunitas saya, tokso dan teman-temannya (T_T).

    Kalau saya ada yang nda terlalu paham atau kebetulan ada tes yang sama dengan yang mbak jalani boleh tanya2 ya mbak, khususnya soal biaya….biar saya ada persiapan…maklum tagihannya bisa buat gemeteran he..he..*lebayduluah*.

    Thank u ya mbak…… (^_^)

  • vera

    hai utami…gmn promix brhsl gk? sy jg lg minum jamu shinsei, ktx yg penting pola makan d jaga, mudh2an Tuhan buka jalan…karena tanpa pertolonga Tuhan smua sia2…keep on fire

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: