Clarity

Morning all!! Mama Bear is happy today🙂

Sesuai arahan bulan lalu, kami dianjurkan utk inseminasi, dan diminta utk telp sam marie di H1, utk arrange jadwalnya. Mengingat kebingungan saat terakhir control, Mama maunya ga cuma telp, tp control ke Prof di H1. Kebetulan H1-nya jatuh hari Sabtu, 18 Jun 2011, dimana Prof tidak praktek😀. Jadilah saya telp ke sam marie basra, dan diberitahu oleh Bu Bidan (lupa namanya) bahwa tahap awal insem adalah control di H11. Saya agak heran, karena dr pengalaman insem di dr Caroline, treatment sudah dimulai dr awal siklus (sekitar H2 kl ga salah). Sempat bilang ke bu bidan bahwa 2 siklus terakhir, setiap usg H11, sel telur saya kecil2. Jadi kl tidak ditreatment apa2, takutnya siklus ini jg kecil lagi telurnya. Informasi Bu Bidan tetap sama, bahwa saya diminta control di H11.

Menuruti kekuatiran saya, akhirnya selasa kemarin kami memutuskan tetap control lbh awal, yaitu di H4. dapat giliran lumayan awal. Prof msh fresh dan becanda2🙂. Alhamdulillah, kali ini kami mendapat penjelasan yg memuaskan. Prof tetap seperti rekomendasi semula, utk insem (thx God, kl rekomendasinya berubah lagi, misal disuruh operasi myom dulu, saya bisa makin mumet). Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Diberi obat utk menumbuhkan sel telur (arimidex, ovestin, dan 1 lagi lupa). Sebelumnya saya cerita lg ke Prof bahwa telur saya cenderung kecil2, beliau lalu menjelaskan bahwa karena itulah diberi obat ini Saya sedikit telat dating sih, krn sSeharusnya obat mulai diminum di H1, but Prof said its OK, bisa mulai diminum di H4.
  2. H11 di-USG utk lht ukuran sel telur (nah sampai step ini br sesuai dgn keterangan Bu Bidan).
  3. Jika ukuran cukup (sekitar 18mm), maka akan diberi suntikan pemecah telur di H12. Jika ukuran blm cukup, tunggu sampai siklus selanjutnya, treatment minum obat akan diganti dgn suntikan penumbuh sel telur.
  4. Terakhir berhubungan normal adalah H10, krn pd H14 sperma akan diambil utk insem. Diharapkan dgn selang 3 hari, kualitas sperma akan maksimal.
  5. Setelah insem, mama tiduran 1 jam di klinik, setelahnya tiduran di rmh sheari. Besoknya sudah bisa beraktivitas normal.

Prof menerangkan keunggulan inseminasi adalah mendekatkan sperma ke sel telur, tanpa perlu melewati halangan imunitas di mulut rahim. Selain itu, dgn insem, bisa dipilih sperma yg berkualitas bagus (yg gesit dan lincah :D).

Oh ya, treatment dgn suntikan penumbuh telur harganya cukup mahal, shg Prof menganjurkan, kalau suda menggunakan suntikan penumbuh telur, sekalian dilanjutkan dengan bayi tabung, Biasanya menghasilkan sekitar 8 sel telur yg bagus. 3 bisa ditanamkan ke rahim, dan sisanya bisa disimpan sampai 7 tahun. Canggih ya🙂

Well, demikian kunjungan kami yg terbaru. Jadi ibu2, karena Prof kadang menjelaskan segala sesuatu dengan cepat, most likely keluar dr ruangan, kita suka bingung sendiri. Tips saya, siapkan apa saja yg ingin ditanyakan sebelum masuk (kl perlu dicatat), dan sebisa mungkin semua kebingungan kita diklarifikasi di dalam bersama Prof. Jangan kuatir kalau kadang2 Prof terlihat capai dan menjawab singkat. Selama kita belum jelas dan terus bertanya, beliau akan selalu menjawab


3 responses to “Clarity

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: