Oalah Ternyata….

…..nama tindakannya reseksi adenomyosis, bukan laparotomi. Hal ini saya ketahui saat kontrol hari Kamis, 29 dec’11, atau 1 minggu setelah operasi. Suster menjelaskan bedanya. Laparotomi adalah tindakan bedah utk mengangkat 1 macam myom atau kista saja. Tetapi bila bedah dilakukan utk mengangkat/membersihkan berbagai symptom, maka itu disebut reseksi. Pada kasus saya, yg dilakukan saat bedah mencakup pengangkatan myom, adenomyosis, dan memperbaiki perlekatan. Kata Prof ada perlekatan antara rahim dan dubur. How is that possible? Hehe, ada2 aja yah..  Musti jaga makan supaya tdk terjadi perlekatan lagi.

Saat bertemu Prof, beliau tanya gimana rasanya. Saya bilang baik, engga sakit, tp msh kerasa ada sesuatu di perut. Ditanya lagi, kapan mau hamil. Saya jawab aja Januari hahaha… Jadi yg dilakukan saat kontrol adalah melepas jahitan. Saya diminta berbaring, perban dibuka, perut dioles2 (betadin/antiseptik mungkin? Dunnno), trus sruutt benangnya ditarik dengan cepat. Alhamdulillah engga sakit juga (Mama, stop being parno will you? :)). Dikasi liat benangnya, warna biru, tebal dan kaku macem benang layangan. That’s it, udahnya ga diperban lagi trus udah boleh pulang deh. Basically saya udah boleh ngapa2in, kerja, nyetir, etc. Yg ga boleh adalah lari2 dan angkat berat2. Sempet tanya, gmn dgn minum kopi? Sebaiknya engga, Prof bilang enaknya Cuma smp tenggorokan. Udahnya kurang baik utk badan.Well Papa said gapapalah sekali2 kl lg pingin banget minum kopi. Tosss Papaa! Sekali sehari boleh kah??😀

Kontrol berikutnya adalah 26 Jan’12. Tapi kl pd hari itu sedang haid, kontrolnya dilakukan setelah haid selesai, krn  akan dilakukan usg. Langsung insem Prof? Engga, tunggu ukuran rahim balik normal dulu.

Saya diberi 3 macam obat, yaitu salep, vitamin, dan obat pencernaan (sebelumnya saya smpt tanya knp kl bab warnanya hitam. Prof said gapapa, itu krn vitaminnya)

Total biaya: Dokter+admin = 240rb, Obat = 850rb an, total = 1.1jt


8 responses to “Oalah Ternyata….

Leave a Reply

