The Injection

Di program long protocol yang saya jalani ini, prosesnya dimulai sekitar 3 minggu sebelum haid. Jadi hormon akan ditekan dulu dalam 3 minggu ini, baru kemudian ditrigger pada periode haid selanjutnya. Dengan long protocol harapannya endometriosis saya bisa ditekan dan tidak ikut terpicu obat-obatan hormon (however in my case, saat OPU tetap ditemukan cairan dalam tuba, kemungkinan endometriosisnya ikut terpicu). 

Anyway, yang mau dishare bukan tentang itu kok, tapi tentang proses suntik menyuntiknya. Saat menekan hormon, saya diberi pil kb dan suntikan suprefact 10x. Setelah itu untuk trigger telur, diberi suntikan Gonal 12x plus suntikan suprefact tetap lanjut 12x juga. Suprefact tetap diberikan untuk menahan supaya telur yang matang tidak “lepas” atau ovulasi lebih awal. Di siklus ivf sebelumnya, saya menggunakan gonal dan centrotide. Nah finally untuk memecahkan telur, diberi suntikan ovidrel. Jadi kalo ditotal, selama pembentukan telur ada 35x suntikan. Ini dilakukan setiap hari, diusahakan di jam yang sama. Ada beberapa kali disuntik untuk ambil darah juga. Plus seperti cerita saya kemarin, dapat tambahan 15x suntik pengencer darah setelah embryo transfer. 

Btw kalo ada yang perlu, saya bikin kalender obat/suntik/usg/tes darahnya di excel.

Keseluruhan proses long protocol ini selain lebih tinggi biayanya, juga lebih kompleks urutan prosesnya. Saya sampe minta dijelasin lama sama dokter plus never ending WA sama Suster. Untuk memastikan we did it correctly. Ditambah lagi waktu itu kita ada undangan nikah di luar kota, dan obat2 suntik harus selalu dalam kondisi dingin. Jadi perlu dipikirkan gimana teknis bawa obatnya. 

Selanjutnya saya share pengalaman kita pas suntik-suntikan kemarin ya

Yang perlu disiapkan: baca dengan teliti jumlah dan dosis obat. Untuk alasan praktis, semua obat kita beli di Apotik Morula. Mungkin ada beberapa tempat alternatif yang menyediakan obat dengan lebih murah, tapi kita ga sempat survey, plus takut salah😛. 

Jika akan traveling, siapkan tas tahan dingin plus ice gel untuk bawa obat. Banyak pilihan di Ace atau mungkin di toko bayi ya, bisa pake tas untuk asi. Ice gel kemarin dikasih beberapa sama Apotik, jadi sekarang numpuk di Kulkas hehe. Siapkan juga surat pengantar. Siapa tahu diperlukan di bandara. Dan definitely diperlukan sama Dokter/ bidan di kota tujuan kita nanti (kalo ga suntik sendiri ya). Please plan carefully sebelum pergi ya.

Siapa yang suntik? Kalo menurut saya paling aman ya tiap hari dateng ke morula, disuntik sama Suster. Free of charge juga. However kalo rumahnya jauh kaya saya,  lelah yah tiap pulang kantor nyetir 2 jam pp. Nah alternatifnya bisa homecare, Suster yang datang ke rumah dengan biaya 150-210rb. Atau bisa juga ke klinik dekat rumah dengan biaya 85-100rb. Tapi biasanya kalo ke klinik dekat rumah, mereka bakal ati2 banget, jadi perlu waktu cukup lama untuk menjelaskan, plus menunjukkan surat pengantar, plus telp ke Morula supaya Suster morula bisa bantu jelaskan dosis dan caranya. Atau cara paling praktis tapi paling serem ya suntik sendiri. Atau dibantu teman/keluarga. Banyak kan option nya? No worry, tinggal dipilih sesuai kebutuhan. 

Saya sendiri ganti2. Kadang ke morula terutama pas suami bisa nyetirin. Kadang home care, kalo males macet dan obatnya rumit/perlu dioplos. Kadang ke klinik dekat rumah kalo obatnya simple tinggal suntik. Dan baru 2 hari ini berani nyuntik sendiri, alhamdulillah.

Sedikit tambahan mengenai suprefact. Obat ini dijual dalam kemasan besar sehingga ada kemungkinan sisa. Bisa dibeli eceran, tapi takutnya kualitasnya kurang baik karena diambil dari botol yang mungkin sudah lama dibuka. Silahkan discuss pilihannya sama Suster.

Well that was our experience. IVF survivor Moms, you surely know what I mean, kalo ada yang kurang tolong masukannya ya. Moms who plan for IVF, hope this help🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: